Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 tak

31 Agu

a. Prinsip kerja motor 4 langkah yaitu:

Untuk prinsip kerja motor 4 tak atau 4langkah yaitu yang pertama adalah langkah isap,kompresi, usaha buang, akandijelaskan dibawah

1) Langkah Hisap

Sewaktu piston bergerak dari TMA ke TMB, maka tekanandiruang pembakaran menjadi hampa (vakum). Perbedaan tekanan udara luar yangtinggi dengan tekanan hampa, mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan gas. Selanjutnya gas tersebut masuk melalui katup masuk yang terbukamengalir masuk dalam ruang cylinder. Prosesnya adalaha) Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah(TMB). b) Katup buang tertutup dan katup masuk terbuka, bahan bakar masuk kesilinder c) Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk kesilinder

2) Langkah Kompresi

Setelah melakukan pengisian, piston yang sudahmencapai TMB kembali lagi bergerak menuju TMA, dimana katup masuk dankatup buang tertutup, ini memperkecil ruangan diatas piston, sehingga campuranudara-bahan bakar menjadi padat, tekanan dan suhunya naik. Tekanannya naik kira-kira tiga kali lipat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA terjadiletikan bunga api listrik dari busi yang membakar campuran udara-bahan bakar.Prosesnya sebagai berikut : a) Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA b) Katup masuk menutup, katp buang tetap tertutup, c) Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber) sehingga suhudan tekanan akan naik d) Sekitar +- 8 derajat sebelum TMA , busi mulaimenyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran                                           3) Langkah Tenaga                                                                                                                           Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepatcampuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan olehdinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggiyang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston inidirubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol. Enersi rotasi diteruskan sebagaimomentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter  balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.Prosesnya sebagai berikut :a) Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar, dan Piston terlempar dariTMA menuju TMB b) Katup masuk menutup penuh, katup buang menutup tetapi menjelang akhir langkah usaha katup buang mulai sedikit terbuka.c) Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi pada poros engkol

4) Langkah Buang (Exhaust stroke)

Pada langkah buang, piston bergerak dariTMB menuju TMA, katup masuk tertutup dan katup buang terbuka, Langkah buang ini menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yanglembut dan efisien. Prosesnya adalah :a) Counter balance weight pada poros engkol memberikan gaya untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA b) Katup buang terbuka Sempurna, katup masuk menutup penuh c) Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaustmenuju knalpot

b. Over laping

overlaping adalah sebuah kondisi dimana kedua katup masuk dankatup buang berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buanghingga awal langkah hisap. Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udaradi dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkanlangkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran,klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangattergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja. Manfaatdari proses overlaping :a) Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran b) Pendinginan suhu di ruang bakar c) Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)d) memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar

2. MOTOR 2 TAK

Pada 2 tak ini untuk satu kali tenaga hanya memerlukan 2 langkah atau gerakan piston, dimana pada setiap langkah terjadi beberapa proses, 2 langkah tersebutyaitu

1)Langkah pertama

a) Dibawah piston                                                                                                                                   Sewaktu piston bergerak keatas menuju TMA ruang engkolakan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa (vakum). Lubang pemasukan terbuka. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapatmengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnyamasuk ke ruang engkol

(disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol)

 

b) Di atas piston

Disisi lain lubang pemasukan dan lubang buang tertutup oleh piston, sehingga terjadi proses langkah kompresi disini. Dengan gerakan pistonyang terus ke atas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuatsuhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapaiTMA busi akan melentikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi

(langkah ini disebut langkah compresi)

 

2) Langkah kedua

 

a) Di atas piston

Ketika piston mencapai TMA campuran gas segar yangdikompresikan dinyalakan oleh busi. Gas yang terbakar mengakibatkan ledakanyang menghasilkan tenaga sehingga mendorong piston memutar poros engkolmelalui connecting rod sewaktu piston bergerak kebawah menuju TMB

(langkahusaha).

Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang terbukaoleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang

(langkah buang)

 

b) Di bawah piston

Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang dibuka,maka saluran bilas (saluran transfer) mulai terbuka oleh tepi piston. Ketika pistonmembuka lubang transfer segera langkah pembuangan telah dimulai. Gas baru

 

 

yang berada di bawah piston terdesak, campuran yang dikompresikan tersebutmengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantumendorong gas bekas keluar

(proses ini disebut pembilasan)

PERBEDAAN MOTOR 4 TAK DAN 2 TAK.a. Motor 2 tak

Berikut ini adalah perbedaan motor 2 tak di lihat dari cara kerjamesin yaitu

 

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar  poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:1) TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)2) TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dankonstruksi silinder 1.

 

Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli, baik secara langsung kedalam tangki bensin ataupun dengan cara terpisah.2.

 

tidak memiliki katup, sebagai gantinya adalah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.3.

 

Setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I danring compressi II.4.

 

Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)

Kelebihan dan kekurangan motor 2 tak

 

a. Keuntungan

1) Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata

.2) Tidak memerlukan katup, komponen lebih sedikit, perawatan lebih mudahdan relatif murah

3) Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehinggamenghasilkan gerakan yang halus

4) Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama,tenaga yang dihasilkan lebih besar

b. Kerugian

1) Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkahtekanan kembali gas buang lebih tinggi2) Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antararing piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.3) Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas4) Putaran rendah sulit diperoleh5) Memakai oli pelumas tambahan untuk campuran bahan bakar

b. Mesin 4 Tak

Berikut ini adalah perbedaan motor 4 tak di lihat dari cara kerja mesin yaitu

 

1.

 

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol.Penjelasannya yaitu:

 

1) TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)2) TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menujuTMA)3) TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)4) TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menujuTMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder 1.

 

Bahan bakarnya bensin/pertamax murni (tidak dicampur)2.

 

Setiap cylindernya memiliki 2 buah atau 4 buah katup3.

 

Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder 4.

 

Setiap piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressiII, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada piston.

Kelebihan dan kekurangan Motor 4 Tak a. Keuntungan

1) Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdirisendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran dari rendahke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).

2) Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dualangkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.

3) Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan olehsirkulasi oli

4) Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukandan tekanan efektif rata-rata lebih baik

5) Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langka

b. Kerugian

1) Komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, sehingga perawatanlebih sulit

2) Suara mekanis lebih gaduh

3) Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehinggakeseimbangan putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: